Tips Menghilangkan Bau Mulut Secara Efektif dan Mudah Dilakukan

By On Monday, June 6th, 2016 Categories : Tips

Tips menghilangkan bau mulut caranya mudah dan efektif bisa dilakukan di rumah. Cara yang gampang dan bisa dilakukan dirumah untuk menghilangkan bau mulut tanpa harus pergi ke dokter gigi maupun spesialis. Siapa saja bisa melakukannya dengan mudah dan efektif untuk menghilangkan bau mulut.

Bau mulut memang membuat kita merasa tidak nyaman pada saat berkumpul dengan teman-teman, pada saat sedang asik mengobrol. Apalagi sama orang lain, mungkin juga orang lain merasa terganggu dan tidak nyaman dengan bau mulut yang ditimbulkan. Salah satu caranya untuk menghilangkan bau mulut dengan melakukan pencegahan dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Ada beberapa tips menghilangkan bau mulut secara efektif, juga sangat mudah kita lakukan. Kita bisa mencobanya di rumah dengan bahan-bahan pencegah bau mulut yang ada disekitar kita. Cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan timbulnya masalah bau mulut, bahan yang digunakan juga mudah didapatkan. Akan tetapi apabila penyebab bau mulut yang disebabkan oleh suatu penyakit tertentu, maka tidak dapat dicegah dengan cara sederhana ini, harus konsultasi langsung ke dokter.

tips menghilangkan bau mulut secara efektif

tips menghilangkan bau mulut secara efektif dan mudah dilakukan

Tips menghilangkan bau mulut yang efektif

Bau mulut merupakan salah satu masalah bagi kita pada saat berbicara atau ngobrol dengan teman maupun orang lain. Kita akan merasa tidak nyaman bahkan orang lain juga merasa kurang nyaman dengan bau mulut tersebut. Berikut ini ada beberapa tips menghilangkan bau mulut secara efektif yang bisa kita lakukan, yaitu :

  1. Makan buah-buahan

Buah yang kaya akan vitamin dapat memenuhi kebutuhan vitamin didalam tubuh kita, sehingga akan dapat membantu menghilangkan bau mulut kita apabila vitamin didalam tubuh kita terpenuhi. Buah yang banyak mengandung kadar air juga dapat memenuhi cairan didalam tubuh kita. Sehingga mulut tidak akan kekurangan kadar air liur, karena jika kadar air liur didalam mulut kita berkurang atau bahkan mulut kita kering, akan menyebabkan masalah bau mulut. Maka penyebab bau mulut seperti ini bisa diatasi dengan makan buah-buahan untuk menghilangkan dan mencegah bau mulut yang ditimbulkan.

  1. Kumur air garam

Air garam bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah bau mulut. Dengan sedikit garam yang dicampurkan dengan air hangat dan digunakan untuk berkumur, maka bau mulut akan hilang. Karena garam dapat menambah produksi air liur didalam mulut, sehingga dapat mengatasi bau mulut.

  1. Makan beras

Mengunyah beras dapat menghilangkan bau mulut sehabis kita mengkonsumsi makanan yang memicu bau mulut, seperti makan jengkol. Sejak dulu beras digunakan sebagai salah satu bahan yang mudah untuk menghilangkan bau mulut apabila sehabis mengkonsumsi makanan yang menyebabkan bau mulut.

  1. Kopi hitam

Salah satu bahan penghilang bau mulut yaitu kopi hitam. Kopi hitam sangatlah ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Namun, disini kita menggunakan kopi hitam langsung dikunyah. Rasanya memang pahit, tapi ampuh menghilangkan bau mulut. Cara lain bisa dengan menyeduh kopi hitam, tapi tanpa gula. Seduh kopi hitam lalu kumur dengan kopi hitam yang diseduh. Dengan cara ini maka bau mulut akan langsung hilang.

  1. Minum susu

Susu kental manis mengandung banyak manfaat, salah satunya yaitu bisa membuat gigi sehat, melindungi kerusakan gigi, dan bisa menghilangan bau mulut. Ketika gigi sehat, maka bau mulut tidak akan terjadi. Sehingga meminum susu kental manis dengan menyeduhnya, serta rutin, maka kita akan terhindar dari bau mulut dan gigi juga sehat selalu.

  1. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet akan merangsang produksi air liur didalam mulut. Bakteri penyebab bau mulut akan mati apabila air liur didalam mulut tidak kering. Karena air liur didalam mulut memiliki fungsi membunuh bakteri didalam mulut. Kunyahlah permen karet yang tidak mengandung gula.

  1. Jangan lewatkan sarapan pagi

Sarapan pada pagi hari sangat baik bagi tubuh kita. Tubuh akan bekerja dengan baik jika kita melakukan sarapan rutin setiap pagi. Selain sarapan di pagi hari membuat tubuh kita bekerja dengan maksimal karena bertenaga, bau mulut juga akan hilang apabila sarapan rutin di pagi hari. Sarapan pada pagi hari dapat meningkatkan produksi air liur sehingga bakteriĀ  didalam mulut akan mati. Jadi, sarapan setiap pagi sangat penting, bukan hanya untuk menghilangkan bau mulut saja, tapi juga banyak manfaatnya.

  1. Berhenti merokok

Merokok memang salah satu penyebab bau mulut, karena bau yang ditimbulkan dari aroma tembakaunya. Kebiasaan merokok memang tidak baik, selain menyebabkan bau mulut juga dapat menyebabkan penyakit lain.

  1. Menjaga kebersihan mulut

Kebersihan mulut merupakan penyebab timbulnya bau mulut jika kurang menjaga kebersihannya. Malas menggosok gigi, akan memicu timbulnya bau mulut. Sisa makanan yang menyelip pada gigi, akan mengakibatkan bau mulut. Karena bakteri akan memakan sisa-sisa makanan yang menyelip pada gigi apabila tidak menjaga kebersihan gigi dengan menggosoknya.

Baca juga : tips mencegah bau mulut yang efektif

Menghilangkan bau mulut dengan tips di atas dapat dengan mudah kita lakukan dan juga sangat efektif. Namun, bau mulut jika disebabkan oleh suatu penyakit, maka segera konsultasikan kepada dokter, karena bau mulut yang disebabkan suatu penyakit harus mengatasi penyakit tersebut.

Masalah bau mulut tidak hanya dengan melakukan tindakan untuk menghilangkannya saja, namun kita juga perlu melakukan tindakan pencegahan. Jika masalah bau mulut kita cegah, maka kemungkinan bau mulut tidak akan terjadi lagi. Rajin dan rutin menjaga kebersihan kondisi mulut dengan menggosok gigi sehari dua kali, maka akan menjaga dan melindungi kita dari masalah bau mulut.

Tips Menghilangkan Bau Mulut Secara Efektif dan Mudah Dilakukan | admin | 4.5