Tips Menghilangkan Bau Mulut yang Efektif dengan Cara Alami

By On Friday, October 7th, 2016 Categories : Tips

Tips menghilangkan bau mulut bisa dilakukan dengan cara melakukan pencegahan terlebih dahulu. Pencegahan dilakukan agar bau mulut yang disebabkan bakteri maupun penyakit tidak terjadi lagi. Cara melakukan pencegahannya juga cukup mudah, yaitu dengan rutin dan rajin menggosok gigi.

Bau mulut memang menjadi masalah umum bagi setiap orang. Karena bau mulut akan menyebabkan rasa kurang nyaman saat berkomunikasi secara langsung. Rasa kurang nyaman untuk kita sendiri maupun lawan bicara kita. Ketika mengalami bau mulut, banyak faktor yang menyebabkan bau mulut. Faktor penyebab bau mulut salah satunya karena kurang merawat kebersihan kondisi dalam mulut, seperti malas menggosok gigi.

Masalah lain yang menyebabkan terjadinya bau mulut seperti gigi yang berlubang atau disebabkan oleh penyakit. Jenis penyakit seperti diabetes, gagal ginjal dan asam lambung biasanya akan menimbulkan bau pada mulut. Masalah bau mulut lainnya juga bisa dikarenakan kurangnya menjaga kebersihan dalam mulut atau bisa juga dikarenakan habis mengkonsumsi makanan tertentu yang dapat menyebabkan mulut menjadi bau. Dengan mengetahui beberapa penyebab dari bau mulut, maka masalah bau mulut akan dapat diatasi.

tips menghilangkan bau mulut

tips menghilangkan bau mulut yang efektif dengan cara alami

Cara mencegah bau mulut

Pencegahan terhadap bau mulut dilakukan agar bau mulut yang dialami kunjung hilang dan sembuh. Pencegahan merupakan langkah yang penting dan perlu dilakukan. Langkah-langkah pencegahan bau mulut yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut :

  1. Menyikat gigi secara teratur

Sikatlah gigi setidaknya pagi dan sore minimal dua menit. Usahakan pada saat menyikat gigi seluruh bagian gigi, lidah, langit-langit mulut dan gusi dengan pasta gigi mengandung floride.

  1. Berkumur

Berkumurlah dengan cairan anti bakteri dan menggunakan benang untuk menghilangkan sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Karena dengan menyikat gigi saja biasanya masih ada sisa-sisa makanan yang menempel pada sela gigi.

  1. Minum cukup air

Minum cukup air secara teratur supaya kondisi mulut tetap lembab. Ini akan mencegah bau mulut karena mulut selalu lembab.

  1. Kunyah permen karet

Dengan mengunyah permen karet akan menstimulasi kemunculan air liur, sehingga akan terhindar dari bau mulut. Kunyahlah permen karet yang yang bebas gula.

  1. Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman penyebab bau mulut

Makanan dan minuman penyebab bau mulut biasanya memiliki aroma yang kuat dan menyengat. Ini akan menimbulakan bau mulut walaupun sudah menggosok gigi. Aroma yang ditimbulkan biasanya dari bumbu makanan yang mengandung rempah.

  1. Memeriksakan gigi secara teratur

Periksalah gigi secara rutin setidaknya enam bulan sekali untuk mencegah penyakit gigi dan gusi penyebab bau mulut.

  1. Jangan merokok

Merokok juga penyebab bau mulut, ini dikarenakan dari aroma tembakau. Berhentilah kebiasaan merokok untuk mencegah bau mulut dan penyakit lainnya.

Dengan melakukan tindakan pencegahan terhadap bau mulut, maka akan terhindar dari masalah bau mulut. Sehingga kita akan nyaman saat berkomunikasi secara langsung dengan orang lain. Akan tetapi, masalah bau mulut yang disebabkan oleh suatu penyakit, bau mulut akan hilang setelah suatu penyakit tersebut sembuh.

Baca juga : tips menghilangkan bau mulut saat puasa

Cara menghilangkan bau mulut secara alami

Pengobatan masalah bau mulut dapat dilakukan dengan cara yang alami dan mudah dilakukan. Bahan yang digunakan juga alami dan mudah didapat, juga tanpa efek. Berikut ini ada beberapa cara menghilangkan masalah bau mulut dengan cara yang mudah, yaitu :

  • Mengkonsumsi buah-buahan

Buah yang mengandung vitamin dan kadar air yang banyak dapat membantu mulut kita terhindar dari bau mulut. Seperti mengkonsumsi jeruk yang kaya akan vitamin C, vitamin C yang terkandung didalam jeruk mampu memenuhi kebutuhan vitamin didalam tubuh kita, sehingga tubuh tidak akan kekurangan cairan. Nanas juga bisa kita gunakan dengan cara di jus. Mengkonsumsi jus jeruk dan nanas sebelum tidur, pada saat bangun tidur akan membuat bangun tidur dengan napas yang segar dan terhindar dari bau mulut.

  • Minum susu kental manis

Susu selain tinggi kalsium, ternyata mampu menghilangkan bau mulut. Susu kental manis mengandung banyak kalsium juga merupakan sumber kalsium. Selain baik bagi tubuh dan tulang kita, susu kental manis ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Caranya mudah sekali, cukup dengan menyeduh susu kental manis dengan segelas air hangat, kemudian kita minum. Maka bau mulut akan hilang setelah meminum susu kental manis.

  • Green tea

Teh hijau banyak sekali manfaatnya, salah satunya bisa menghilangkan bau mulut. Teh hijau mampu melindungi gigi dari kerusakan dengan cara menghilangkan plak dan membunuh bakteri, sehingga mampu menghilangkan bau mulut. Guna mendapatkan manfaat teh hijau untuk bau mulut caranya cukup dengan meminum teh hijau setiap hari dua sampai tiga gelas cangkir, maka masalah bau mulut dapat diatasi.

  • Jeruk nipis

Jeruk nipis yanng kaya akan vitamin ternyata mampu juga untuk menghilangkan masalah bau mulut. Dengan memeras air jeruk nipis dan dicampur sedikit madu, kemudian kita minum. Maka bau mulut akan segera hilang setelah rutin meminum air perasan jeruk nipis.

  • Kencur

Tanaman obat yang satu ini selain bermanfaat untuk pengobatan, ternyata dapat menghilangkan bau mulut. Kencur bisa kita rebus dengan air, kemudian ambil air rebusan kencur tersebut. Minumlah air rebusan kencur sebelum tidur, lakukan rutin selama seminggu. Maka bau mulut akan hilang setelah meminum air rebusan kencur secara rutin.

Itulah tips-tips dan cara menghilangkan bau mulut yang bisa dilakukan. Semoga Anda yang bermasalah dengan bau mulut segera teratasi dan sembuh. Selain itu, menjaga kebersihan kondisi dalam mulut juga sangat penting. Rajin menggosok gigi dua kali sehari merupakan salah satu tindakan yang dapat mencegah timbulnya masalah bau mulut. Selamat mencoba.

Tips Menghilangkan Bau Mulut yang Efektif dengan Cara Alami | admin | 4.5