Inilah Tips Mengobati Sakit Perut Akibat Maag

By On Sunday, February 25th, 2018 Categories : Tips

Tips mengobati sakit perut akibat maag yang efektif bisa dengan menangani sakit maag terlebih dahulu, karena sakit perut tersebut gejala yang ditimbulkan akibat menderita sakit maag. Sehingga sakit maag akan hilang begitu juga sakit perut yang dirasakannya.

Sakit perut merupakan kondisi yang umum dan semua orang pernah mengalaminya. Namun, sakit perut ada banyak penyebabnya, bisa karena makanan atau minuman dan suatu jenis penyakit seperti penyakit maag. Sakit perut yang disebabkan karena sakit maag akan muncul ketika penyakit maag tersebut kambuh, biasanya karena pola makan yang tidak teratur.

Maka dari itu, untuk mengatasi sakit perut akibat maag bisa dengan mengatasi penyakit maag terlebih dahulu. Tetapi, sakit maag merupakan jenis penyakit yang bisa kambuh lagi apabila pola makan tidak diatur dan pola hidup yang tidak sehat maupun kebiasaan buruk seperi merokok tetap tidak ditinggalkan. Tips mengatasi sakit maag yang aman bisa dengan menggunakan bahan alami untuk mengobati dan melakukan beberapa pencegahan. Jadi, baik sakit maag maupun sakit perut akan bisa diatasi.

tips mengobati sakit perut akibat maag

inilah tips mengobati sakit perut akibat maag yang efektif

Penyebab sakit perut yang perlu diketahui

Sakit perut ada banyak faktor penyebabnya, mulai dari makanan, minuman, sampai dengan jenis penyakit tertentu. Berikut ini ada beberapa penyebab dari sakit perut yang perlu diketahui, yaitu :

  1. Saluran pencernaan bermasalah
  2. Makanan dan minuman
  3. Sautu jenis penyakit
  4. Keracunan
  5. Infeksi

Secara umum, sakit perut disebabkan oleh faktor-faktor seperti di atas. Namun, sakit perut yang disebabkan oleh suatu jenis penyakit tertentu, maka untuk mengatasinya harus dengan mengatasi penyakit penyebab sakit perut tersebut terlebih dahulu.

Ada beberapa jenis penyakit yang dapat menyebabkan sakit perut, seperti penyakit maag. Penyakit maag sendiri timbul akibat pola makan yang tidak teratur, mengkonsumsi makanan atau minuman yang merangsang pengeluaran asam lambung, makanan yang mengandung gas, minuman bersoda, berkafein dan kebiasaan buruk seperti merokok juga dapat mengakibatkan penyakit maag.

Selain penyakit maag, ada juga jenis penyakit lain yang dapat menyebabkan sakit perut, diantaranya penyakit diare, batu ginjal, batu empedu, usus buntu, saluran kemih, diverkulitis, dan penyakit tukak peptik. Setelah mengetahui dari penyebab sakit perut, maka tindakan untuk mengatasinya juga mudah dilakukan. Seperti sakit perut akibat penyakit maag, maka yang harus dilakukan yaitu mengatasi penyakit maag tersebut.

Cara mengobati sakit perut akibat maag

Setelah mengetahui dari penyebab sakit perut akibat penyakit maag, maka langkah yang harus dilakukan tentu saja mengobatinya. Berikut ini ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut akibat maag, yaitu :

  • Air kelapa

Manfaat air kelapa dikenal masyarakat luas untuk mengatasi masalah keracunan, ini dikarenakan kandungan kaliumnya. Ternyata air kelapa juga memiliki manfaat untuk mengobati masalah sakit perut. Meminum air kelapa akan membuat perut terasa nyaman dan segar. Jadi, manfaat air kelapa untuk mengobati sakit perut memang sudah terbukti efektif dan aman.

  • Buah pepaya

Buah pepaya memang buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan, juga mampu membantu mengobati beberapa jenis penyakit. Salah satunya bisa membantu mengatasi masalah sakit perut. Kandungan seratnya yang tinggi membantu melancarkan masalah gangguan sistem pencernaan, sehingga sakit perut yang disebabkan oleh masalah gangguan sistem pencernaan akan dapat diatasi dengan mengkonsumsi pepaya.

  • Yogurt

Yogurt merupakan minuman probiotik yang sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan, melancarkan buang air besar dan dapat meningkatkan imun. Inilah yang dapat membuat yogurt ampuh untuk mengatasi masalah sakit perut. Dengan mengkonsumsi yogurt sebelum sarapan dan sebelum tidur, sakit perut yang diderita akan dapat diatasi dan sembuh.

  • Jahe

Jahe merupakan jenis tanaman yang memiliki potensi mengatasi beberapa jenis sakit perut. Tanaman rempah yang sudah dari dulu diketahui memiliki banyak manfaat dan khasiat, ternyata bermanfaat dan berkhasiat juga untuk mengatasi masalah sakit perut. Jahe mengandung anti peradangan alami yang dijadikan penangkal mual, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi dan mengobati sakit perut.

  • Buah apel

Buah apel bisa digunakan untuk mengobati sakit perut, caranya dengan dibuat cuka apel. Cuka apel dapat menetralkan masalah sakit perut. Namun cuka apel memiliki rasa asam yang kuat, jadi untuk membantu mengobati masalah sakit perut bisa menambahkan madu ketika mengkonsumsi cuka apel. Cuka apel dapat menyembuhkan sakit perut karena mampu mengatasi kondisi kelebihan pati atau karbohidrat kompleks yang tidak dapat larut dengan air. Sehingga cuka apel bisa digunakan dan dapat mengatasi masalah sakit perut akibat gangguan sistem pencernaan.

Walaupun masalah sakit perut akan sembuh dengan sendirinya, namun sakit perut yang disebabkan oleh jenis penyakit tertentu maka perlu tindakan untuk mengatasi penyekit tersebut yang menjadi penyebab dari masalah sakit perut. Masih banyak cara dan bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut, tapi beberapa bahan alami di atas bisa digunakan dalam mengobati sakit perut akibat maag.

Baca juga : tips mengobati sakit perut akibat masuk angin

Pencegahan sakit perut akibat maag yang bisa dilakukan

Selain dengan mengobatinya, langkah yang tidak kalah penting yaitu mencegahnya. Karena tindakan pencegahan merupakan bentuk penanganan yang akan membuat sakit perut tidak datang atau kambuh lagi. Pencegahan yang bisa dilakukan agar sakit perut tidak datang atau kambuh lagi ialah sebagai berikut ini :

  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa memicu sakit maag kambuh lagi, sehingga sakit perut juga datang lagi. Beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari seperti coklat, kakao, mint, makanan berlemak, makanan pedas dan asam, kopi, minuman beralkohol dan berkafein.
  • Jaga berat badan tetap sehat dengan rutin berolahraga. Karena berat badan berlebih akan mengakibatkan datangnya penyakit, seperti sakit maag yang mengakibatkan sakit perut. Dengan berolahraga tidak hanya sakit maag dan sakit perut saja yang bisa dihindari, resiko terserang jenis penyakit lain juga kecil kemungkinannya.
  • Hentikan kebiasaan buruk seperti merokok. Karena kebiasaan merokok akan memicu penyakit maag kambuh bahkan bertambah parah, maka sakit perut juga akan dirasakan lagi. Merokok dapat menyebabkan naiknya kadar asam dalam lambung yang kemudian akan mengakibatkan sakit maag.
  • Hindari stress, karena stress yang berlebihan akan memicu naiknya kadar asam dalam lambung sehingga mengakibatkan penyakit maag kambuh lagi, begitu juga sakit perut, akan kambuh lagi. Istirahat yang cukup dengan tidur tidak lewat tengah malam, sehingga pikiran akan tenang dan stress tidak akan datang.

Itulah beberapa cara dalam melakukan pencegahan agar sakit perut akibat maag tidak kambuh lagi dan akan sembuh. Intinya dengan mengatur pola makan dan pola hidup yang sehat, jaga kesehatan tubuh maka penyakit maag yang mengakibatkan sakit perut tidak akan datang begitu juga dengan penyakit lainnya.

Inilah Tips Mengobati Sakit Perut Akibat Maag | admin | 4.5