Inilah Tips Mengobati Sakit Perut Akibat Masuk Angin

By On Sunday, February 18th, 2018 Categories : Tips

Tips mengobati sakit perut akibat masuk angin bisa dengan menggunakan bahan alami sehingga aman. Bahan alami sudah banyak digunakan sejak dulu untuk mengatasi berbagai jenis penyakit, salah satunya untuk mengatasi sakit perut, selain aman juga sudah terbukti dan efektif.

Masuk angin merupakan kondisi dimana sekumpulan gas didalam tubuh tidak teratur, kondisi seperti ini dapat menyebabkan sakit perut karena gas dalam tubuh yang tidak beraturan bisa berkumpul pada perut. Penyebab masuk angin juga banyak disebabkan karena beberapa faktor dengan beberapa gejala yang timbul, seperti mengalami sakit perut.

Perubahan cuaca dengan kondisi suasana dingin yang berlebihan dapat mengakibatkan masuk angin. Faktor lain seperti kelelahan dan mengalami stress juga dapat berakibat mengalami masuk angin. Sedangkan gejala yang ditimbulkan saat mengalami masuk angin biasanya perut akan kembung dan mengalami sakit perut. Selain itu kepala akan terasa pusing, badan lemas, sering sendawa, mual, tidak nafsu makan dan muka terasa panas juga keluar ingus.

tips mengobati sakit perut akibat masuk angin

tips mengobati sakit perut akibat masuk angin yang alami

Faktor penyebab sakit perut

Sakit perut yang disebabkan karena masuk angin merupakan kondisi yang wajar, karena gas yang ada didalam tubuh tidak teratur dan salah satunya akan mengumpul pada perut yang mengakibatkan perut terasa sakit dan kembung. Namun ada banyak faktor yang bisa menyebabkan sakit perut selain karena masuk angin, diantaranya sebagai berikut :

  1. Sakit perut karena diare

Ketika menderita penyakit diare pasti akan mengalami sakit perut dengan keadaan kram pada perut yang sering muncul, kemungkinan dikarenakan peradangan pada lambung dan juga usus karena inveksi virus atau bakteri. Selain itu, biasanya juga akan mengalami muntah dan buang air besar secara terus menerus dengan kondisi tinja atau fases yang encer.

  1. Sakit perut secara mendadak

Meskipun hampir semua sakit perut akan sembuh dengan sendirinya, jika datangnya secara tiba-tiba maka perlu diwaspadai. Kondisi seperti ini bisa jadi disebabkan oleh penyakit yang bersifat berat atau serius. Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan sakit perut secara mendadak seperti radang usus buntu, batu ginjal, tukak peptik, divertikulitis, dan batu empedu.

  1. Sakit perut kronis

Sakit perut yang sudah kronis biasanya akan sering kambuh dan biasanya disebabkan oleh konstipasi, menstruasi, infeksi saluran kemih dan sakit maag. Sakit perut yang berlangsung dalam jangka waktu lama atau kronis ini perlu diperiksakan ke dokter agar penyebab dasarnya bisa diketahui.

  1. Sakit perut karena makanan atau minuman

Beberapa jenis makanan dan minuman juga dapat menyebabkan masalah sakit perut. Seperti makanan pedas, asam, minuman bersoda dan berkafein. Makanan dan minuman ini jika dikonsumsi dengan kondisi perut yang kosong akan langsung menyebabkan sakit perut, bahkan bisa merusak saluran pencernaan dan bisa jadi menderita jenis penyakit lain yang lebih serius yang berhubungan dengan pencernaan.

  1. Sakit perut karena keracunan dan infeksi

Sakit perut karena keracunan makanan atau minuman biasanya akan mengalami diare, karena keracunan makanan atau minuman akan mengakibatkan saluran pencernaan tidak berfungsi normal. Bisa juga karena keracunan obat maka akan mengalami sakit perut, kemudian tidak menutup kemungkinan saluran pencernaan akan terinfeksi karena keracunan obat yang berujung pada masalah sakit perut.

Sakit perut bisa terjadi dengan beberapa penyebab seperti di atas, tergantung kondisinya. Namun, sakit perut karena masuk angin biasanya umum dirasakan bagi yang mengalaminya. Karena masuk angin akan menimbulkan gejala kembung, perut terasa penuh dan sering bersendawa karena gas yang ada didalam perut dan mengakibatkan sakit perut.

Selanjutnya jika sudah mengetahui beberapa faktor penyebab sakit perut dengan kondisinya, maka langkah yang harus dilakukan yaitu mengobatinya. Sakit perut karena masuk angin bisa diobati sendiri dengan menggunakan bahan alami, seperti menggunakan tanaman obat, buah dan sayur. Menggunakan bahan alami selain aman juga mudah didapat dan dibikin sendiri.

Baca juga : tips mengobati sakit perut melilit

Obat sakit perut akibat masuk angin yang alami

Kondisi dimana sekumpulan gas dalam tubuh tidak teratur dan akan mengakibatkan sakit perut yang sering dikenal dengan masuk angin dan semua orang pernah mengalaminya. Cara untuk mengatasinya juga cukup mudah dengan menggunakan bahan alami yang aman. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati sakit perut karena masuk angin, yaitu :

  • Jahe

Bahan alami untuk mengatasi sakit perut akibat masuk angin salah satunya yaitu jahe. Jahe merupakan tanaman obat yang banyak khasiat dan manfaatnya. Bukan hanya bisa dijadikan minuman penghangat tubuh saja, jahe juga dijadikan minuman untuk mengatasi sakit perut akibat masuk angin. Kandungan zat yang banyak dalam jahe membuat jahe kaya akan manfaat untuk dijadikan obat.

  • Temu lawak

Tanaman obat berikutnya yang bisa dijadikan obat untuk mengatasi sakit perut akibat masuk angin ialah temu lawak. Temu lawak yang dicampur dengan lidah buaya, kencur dan jahe kemudian direbus dan air rebusannya dapat digunakan untuk mengatasi sakit perut akibat masuk angin. Gas didalam tubuh yang tidak beraturan akibat masuk angin dan menimbulkan sakit perut dapat hilang dengan meminum ramuan tadi.

  • Jeruk

Salah satu buah yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit perut akibat masuk angin yaitu buah jeruk. Buah jeruk yang diambil sari atau airnya bisa menjadi obat masuk angin dan sakit perut akibat masuk angin tersebut juga hilang. Air perasan jeruk mampu membuat tubuh lebih baik dan juga akan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga masuk angin dapat diatasi dan sakit perut pun hilang.

  • Pepaya

Buah lain yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut akibat masuk angin adalah pepaya, begitu juga manfaat pepaya untuk mengobati sakit maag, namun kali ini yang dimanfaatkan bukan buahnya tetapi daun pepayanya. Daun pepaya yang direbus kemudian minum air rebusannya bisa mengatasi masuk angin, sakit perut juga akan hilang akibat dari masuk angin tersebut.

  • Madu

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi masuk angin dan menyebabkan sakit perut yaitu madu. Madu sangatlah banyak manfaat dan khasiatnya guna mengatasi berbagai penyakit. Madu dapat menetralkan suhu tubuh dan memperkuat daya tahan tubuh, sehingga sakit perut akibat masuk angin dapat diatasi dengan mengkonsumsi madu. Bisa dengan mengkonsumsi masu secara langsung atau dengan teh hangat yang dicampur madu.

Nah itulah beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut akibat masuk angin. Selain bahan alami diatas, bisa juga dengan menggunakan bawang merah guna mengatasi masuk angin. Gas yang tidak beraturan dalam tubuh bisa dinetralkan dengan bawang merah yang dihaluskan kemudian bisa dicampurkan dengan minyak sayur, lalu oleskan pada badan atau perut. Maka masuk angin akan segera sembuh begitu juga sakit perut akibat masuk angin tersebut.

Dengan mengetahui beberapa faktor penyebab sakit perut dan salah satunya dikarenakan masuk angin, maka akan segera mengetahui dan bagaimana cara mengatasinya. Beberapa bahan alami di atas juga bisa digunakan ketika menderita sakit perut akibat masuk angin. Sebaiknya jaga kesehatan pada musim penghujan seperti ini untuk menghindari terserang masuk angin dan mengalami sakit perut. Hindari juga mengkonsumsi makanan atau minuman yang memicu timbulnya sakit perut.

Inilah Tips Mengobati Sakit Perut Akibat Masuk Angin | admin | 4.5