Tips Mengobati Sakit Perut Melilit yang Alami

By On Sunday, February 11th, 2018 Categories : Tips

Tips mengobati sakit perut melilit yang tepat bisa dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu, karena penyebab sakit perut bermacam-macam, bisa disebabkan oleh jenis penyakit tertentu. Jika sudah tahu penyebabnya maka akan mudah untuk mengobatinya dan tepat.

Semua orang pasti pernah merasakan sakit perut, dari yang biasa sampai sakit perut yang melilit dan sangat sakit. Sakit perut sendiri merupakan istilah yang dipakai untuk mendeskripsikan adanya nyeri tumpul pada abdomen atau kram perut, dan salah satu bentuk sakit perut yaitu perut melilit. Banyak juga kondisi dan penyakit yang dapat menyebabkan sakit perut melilit.

Penyakit-penyakit dan masalah pada organ-organ saluran pencernaan seperti usus, hati, pankreas, kantung empedu dan lambung dapat menjadi sumber dari sakit perut melilit yang dirasakan. Ada beberapa penyebab yang dapat menyebabkan perut terasa melilit dan amat sakit, seperti infeksi, keracunan makanan, gangguan pencernaan dan masih banyak lagi. Dari beberapa penyebab sakit perut melilit tersebut, maka akan dapat mengatasinya dengan cara pengobatan yang tepat.

tips mengobati sakit perut melilit

tips mengobati sakit perut melilit yang alami

Penyebab sakit perut melilit yang perlu diketahui

Sakit perut merupakan penyakit yang umum terjadi, semua orang pasti pernah merasakan sakit perut dan salah satu bentuk sakit perut ialah perut melilit. Ada banyak faktor yang bisa menjadi penyebab dari sakit perut melilit, diantaranya sebagai berikut :

  1. Masalah pada organ saluran pencernaan
  2. Disebabkan oleh makanan dan minuman
  3. Disebabkan oleh suatu penyakit
  4. Keracunan
  5. Infeksi

Secara umum sakit perut dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti di atas dan ada beberapa yang bisa menjadikan kondisi sakit perut terasa melilit, salah satunya karena disebabkan oleh suatu penyakit. Sakit perut dengan penyebab seperti di atas juga akan menunjukan gejala-gejala bahkan ada kondisi dimana sakit perut datangnya secara mendadak.

Sakit perut melilit biasanya sudah bersifat serius dan disebabkan oleh suatu penyakit tertentu. Sakit perut secara mendadak juga berakibat akan mengalami kondisi perut yang melilit dan ini perlu diperhatikan karena sakit perut tersebut disebabkan oleh suatu jenis penyakit yang bersifat serius. biasanya disebabkan oleh beberapa jenis penyakit seperti berikut ini.

  • Penyakit batu ginjal
  • Penyakit batu empedu
  • Penyakit saluran kemih
  • Penyakit tukak peptik
  • Penyakit usus buntu
  • Penyakit diverkulitis

Beberapa jenis penyakit di atas akan menyebabkan sakit perut, baik dengan kondisi sakit perut melilit maupun biasa. Maka dari itu, kenali jenis sakit perut dengan mengetahui penyebab dan gejala-gejala yang ditimbulkannya.

Baca juga : tips mengobati sakit perut saat haid

Cara mengobati sakit perut melilit yang alami

Setelah mengetahui dari penyebab sakit perut melilit yang diderita, maka langkah selanjutnya yaitu untuk mengatasinya dengan cara diobati. Pengobatan sakit perut melilit bisa dilakukan dengan cara yang alami. Cara alami mengobati sakit perut melilit yaitu bisa dengan menggunakan bahan alami sebagai berikut :

  • Menggunakan jahe

Jahe merupakan jenis tanaman yang memiliki potensi mengatasi beberapa jenis sakit perut. Tanaman rempah yang sudah dari dulu diketahui memiliki banyak manfaat dan khasiat, ternyata bermanfaat dan berkhasiat juga untuk mengatasi masalah sakit perut. Jahe mengandung anti peradangan alami yang dijadikan penangkal mual, sehingga dapat digunakan untuk mengatasi dan mengobati sakit perut.

  • Buah pepaya

Buah pepaya memang buah yang kaya akan manfaat bagi kesehatan, juga mampu membantu mengobati beberapa jenis penyakit. Salah satunya bisa membantu mengatasi masalah sakit perut. Kandungan seratnya yang tinggi membantu melancarkan masalah gangguan sistem pencernaan, sehingga sakit perut yang disebabkan oleh masalah gangguan sistem pencernaan akan dapat diatasi dengan mengkonsumsi pepaya.

  • Air kelapa

Manfaat air kelapa dikenal masyarakat luas untuk mengatasi masalah keracunan, ini dikarenakan kandungan kaliumnya. Ternyata air kelapa juga memiliki manfaat untuk mengobati masalah sakit perut. Meminum air kelapa akan membuat perut terasa nyaman dan segar. Jadi, manfaat air kelapa untuk mengobati sakit perut memang sudah terbukti efektif dan aman.

  • Cuka apel

Cuka apel dapat menetralkan masalah sakit perut. Namun cuka apel memiliki rasa asam yang kuat, jadi untuk membantu mengobati masalah sakit perut bisa menambahkan madu ketika mengkonsumsi cuka apel. Cuka apel dapat menyembuhkan sakit perut karena mampu mengatasi kondisi kelebihan pati atau karbohidrat kompleks yang tidak dapat larut dengan air. Sehingga cuka apel bisa digunakan dan dapat mengatasi masalah sakit perut akibat gangguan sistem pencernaan.

  • Yogurt

Yogurt merupakan minuman probiotik yang sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan, melancarkan buang air besar dan dapat meningkatkan imun. Inilah yang dapat membuat yogurt ampuh untuk mengatasi masalah sakit perut. Dengan mengkonsumsi yogurt sebelum sarapan dan sebelum tidur, sakit perut yang diderita akan dapat diatasi dan sembuh.

Bahan alami di atas bisa digunakan untuk mengatasi sakit perut melilit. Selain itu, jika menderita sakit perut melilit bisa dengan melakukan beberapa langkah untuk mengurangi rasa sakit, seperti makan dengan porsi wajar dan hindari mengkonsumsi makanan maupun minuman yang menambah sakit perut bertambah parah.

Bisa juga dengan mengompres perut dengan air hangat dan beristirahat dengan berbaring. Sebaiknya juga jangan terlalu aktif bergerak terlebih dahulu, ini untuk mengurangi rasa sakit pada perut. Namun, jika sakit perut yang dialami terasa melilit dan sangat amat sakit tidak kunjung membaik setelah mendapatkan pengobatan dengan bahan alami di atas, sebaiknya langsung pergi ke dokter agar bisa diperiksa kondisi dan diobati.

Walaupun sakit perut merupakan kondisi yang umum dialami semua orang, namun sebaiknya jangan anggap remeh. Jika sakit perut biasa memang akan sembuh dan hilang dengan sendirinya, akan tetapi jika kondisi sakit perut terasa melilit apalagi datangnya mendadak, maka perlu diwaspadai. Dengan mengetahui penyebab dan beberapa cara mengatasinya, maka sakit perut akan bisa segera ditangani, selain itu juga penting melakukan tindakan pencegahan untuk mengurangi resiko mengalami sakit perut lagi. Salah satunya dengan pola hidup sehat dan pola makan yang sehat.

Tips Mengobati Sakit Perut Melilit yang Alami | admin | 4.5