Tips Mengobati Sakit Perut pada Anak yang Efektif

By On Saturday, January 20th, 2018 Categories : Tips

Tips mengobati sakit perut pada anak tidaklah sulit, akan tetapi sakit perut pada anak sering kali membuat orang tua takut dan khawatir, karena penyebab yang belum diketahui. Sehingga para orang tua berfikir bagaimana cara mengatasinya yang efektif.

Sakit perut pada anak merupakan suatu gejala yang sering dikeluhkan, dan sebagian besar bukan merupakan masalah yang serius atau berbahaya. Namun, sangat sering untuk mengetahui penyebab dari sakit perut yang diderita anak-anak. Bisa saja karena disebabkan oleh makanan atau jajanan yang dikonsumsi sembarangan, dan tidak menutup kemungkinan karena penyakit tertentu.

Dalam hal ini, sembelit atau konstipasi merupakan penyebab yang paling sering anak mengalami sakit perut. Dengan demikian, tidak perlu khawatir karena cara mengatasinya juga bisa dilakukan sendiri di rumah. Dan perlu di ingat, jika anak mengalami sakit perut kurang dari 3 jam dan tanpa gejala lain yang menyertainya, biasanya tidak bersifat serius atau parah dan umumnya dapat diatasi dengan pengobatan di rumah tanpa harus di periksakan ke dokter dengan obat sakit perut yang alami.

tips mengobati sakit perut pada anak

tips mengobati sakit perut pada anak yang efektif

Cara mengatasi sakit perut pada anak yang alami dan efektif

Cara mengatasi sakit perut pada anak bisa dilakukan di rumah dengan beberapa langkah di bawah ini. Bagi para orang tua perlu mengetahui bagaimana caranya jika anak mereka mengalami sakit perut dan segera melakukan langkah-langkah berikut ini :

  1. Sebaiknya anjurkan anak untuk beristirahat ketika mengalami sakit perut, karena sakit perut ringan akan hilang dalam waktu setengah jam.
  2. Berikan banyak cairan seperti minum air putih, kaldu, bisa juga jus buah apel yang encer dan minum sedikit-sedikit tapi sering.
  3. Jika anak merasa ingin buang air besar, sebaiknya jangan ditahan-tahan segera mungkin untuk dikeluarkan karena jika ditahan justru akan menimbulkan sakit perut bertambah.
  4. Beri makan dengan porsi kecil atau sedikit, seperti nasi putih tapi jangan seperti porsi makan seperti biasanya.
  5. Sebaiknya jangan memberikan obat-obatan tanpa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Nah, itulah cara untuk mengatasi sakit perut anak yang bisa dilakukan para orang tua di rumah. Namun, jika sakit perut yang diderita anak belum juga membaik atau bahkan disertai dengan gejala yang lain, seperti rasa sakit meningkat, timbul diare, mual, muntah dan demam, perut terasa keras atau kembung maka segera pergi ke dokter.

Amatilah segala gejala yang muncul pada saat anak mengalami sakit perut, jika mengkhawatirkan dan bertambah parah segera mungkin periksakan ke dokter. Untuk para orang tua, cara di atas bisa dilakukan di rumah ketika anak mengalami sakit perut dengan gejal yang ringan atau sakit perut umum yang dialami anak-anak. Selain cara di atas, bisa juga dengan beberapa tips mengatasi sakit perut pada anak berikut ini.

Tips mengatasi sakit perut pada anak yang efektif

Selain dengan cara mengatasi sakit perut pada anak di atas, berikut ini juga ada beberapa tips yang bisa dilakukan saat anak mengalami sakit perut yang mudah dilakukan tanpa pergi ke dokter terlebih dahulu, yaitu :

  • Menjaga kebersihan dengan mengajarkan anak membiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan.
  • Menjaga dan mengajari anak untuk tidak mengkonsumsi makanan pedas, asam dan kurang higienis.
  • Menjaga kebersihan bahan makanan yang akan dikonsumsi anak sebelum di masak dengan mencucinya sampai bersih.
  • Memberikan anak makanan yang berserat, buah dan sayur yang tinggi serat ketika anak mengalami sakit perut.
  • Pola makan anak juga perlu diperhatikan dan hindari minuman bersoda maupun berkafein.

Selama sakit perut yang dialami anak tidak disertai dengan gejala lainnya, cara dan tips di atas bisa dilakukan sebagai pertolongan pertama tanpa perlu membawa anak ke dokter. Kenali dan perhatikan gejala-gelanya saat anak sakit perut.

Dengan mengenali gejala-gejala sakit perut pada anak, orang tua jadi tahu kapan harus pergi untuk memeriksakannya ke dokter. Jika anak sering mengeluh sakit perut, maka mengenali gejanya sangat penting dan bisa tau apakah sakit perut anak jenis sakit perut biasa atau bisa jadi sakit perut serius yang merupakan tanda dari penyakit lain dan juga disertai gejala lain.

Baca juga : obat sakit perut anak yang alami

Jenis sakit perut pada anak

Sakit perut pada anak biasanya ditandai dengan sikap anak yang menjadi lebih rewel dari biasanya dan si anak nafsu makannya berkurang. Ada dua jenis sakit perut pada anak dan beberapa penyebabnya, yaitu :

  • Sakit perut normal

Sakit perut normal pada anak tidak disertai dengan gejala lain dan kondisi seperti ini biasanya umum terjadi, rasa sakitnya biasa dan akan hilang dalam beberapa jam saja. Penyebabnya sendiri bisa karena fases atau tinja yang lama tidak dikeluarkan sehingga anak mengalami sembelit atau konstipasi, alergi pada makanan atau minuman, kondisi asam lambung yang kurang baik, mengalami panas dalam sehingga radang pada tenggorokan, kembung atau masuk angin dan lainnya.

  • Sakit perut serius

Sakit perut serius pada anak ketika rasa sakitnya tidak berkurang selama 24 jam atau lebih dan makin memburuk bisa menyebabkan anak menjadi lemas karena menahan rasa sakit. Secara umum disebabkan karena beberapa jenis penyakit lain seperti usus buntu, tukak pada lambung, hernia, masalah pada batu empedu, infeksi saluran kemih, keracunan dan juga tersumbatnya aliran makanan di dalam usus.

Jenis dan penyebab dari sakit perut pada anak tersebut perlu diketahui untuk para orang tua, dan juga mengenali gejalanya. Gejala yang sering timbul ketika anak sakit perut umumnya ditandai dengan kembung dan kram pada perut.

Selain itu, ada juga sakit perut berulang pada anak yang terjadi apabila anak merasakan tidak nyaman atau sakit pada perutnya dalam waktu 12 bulan terakhir selama paling sedikit 12 minggu. Jenisnya pun ada beberapa seperti dispepsia, sakit perut fungsional, sindrom usus iritabel, migren perut dan erofagi. Sakit perut berulang tanpa kelainan organ bisanya sering ditemukan pada anak berusia 4-15 tahun.

Anak yang tidak mengalami kelainan organ ditandai jika anak tidak merasakan sakit yang bertambah dan tidak sakit pada malam hari. Karena sebagian besar kasus sakit perut berulang bukanlah disebabkan oleh kelainan organ, maka perlu adanya kerjasama yang baik antara orang tua, anak dan dokter untuk menentukan penyebabnya. Perlu diperhatikan jika anak mengalami sakit perut sebaiknya jangan langsung memberinya obat tanpa mengetahui persisnya sakit perut yang diderita anak.

Selain gejala dari sakit perut anak yang perlu diwaspadai, penting juga mewaspadai beberapa hal tertentu jika anak mengalami sakit perut. Seperti sakit perut disertai demam tinggi, muntah berwarna hijau, kuning atau disertai darah, perut anak menjadi buncit, sering buang air kecil saat mengalami sakit perut, dan air seni berwarna gelap atau coklat kehitaman. Maka hal tersebut bisa menjadi sesuatu yang lebih serius dari tanda-tanda jenis penyakit lain. Demikian artikel tentang tips mengobati sakit perut pada anak, semoga bermanfaat.

Tips Mengobati Sakit Perut pada Anak yang Efektif | admin | 4.5