Tips Mengobati Sakit Perut Saat Haid yang Tepat

By On Sunday, February 4th, 2018 Categories : Tips

Tips mengobati sakit perut saat haid yang sering dialami oleh kaum wanita bisa dengan mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Karena wanita yang sedang haid merasa kesakitan adalah sesuatu yang normal selama tidak mengganggu aktivitas.

Sebagian wanita sering mengeluhkan rasa sakit dan nyeri saat haid, apalagi pada hari pertama masa menstruasi. Perlu diperhatikan bahwa sakit saat haid merupakan hal yang normal, namun bisa jadi juga karena haid yang tidak normal dan akan mengalami rasa sakit yang tidak normal juga, ini dikarenakan dari beberapa faktor penyebab yang dapat mengakibatkan rasa sakit yang tidak normal.

Penyebab sakit perut saat haid seperti kram perut, endometriosis atau dimana situasi saat endometrium tumbuh keluar dari uterus, penyebab seperti ini biasanya terjadi pada hari pertama masa menstruasi. Kondisi seperti ini juga umum dan normal terjadi pada wanita yang sedang haid. Namun, waspada jika sakit perut secara mendadak saat menstruasi, karena bisa jadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius. Maka dari itu, untuk mengatasinya ada beberapa tips dan cara yang bisa dilakukan, namun sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu penyebab dan gejalanya.

tips mengobati sakit perut saat haid

tips mengobati sakit perut saat haid yang tepat

Penyebab sakit perut pada saat haid

Ada beberapa penyebab saat haid yang perlu diketahui, namun umunya rasa sakit saat haid karena faktor hormonal yang tidak sempurna atau ketidaksimbangan hormon. Berikut ini ada beberapa penyebab dari sakit atau nyeri perut saat haid, yaitu :

  1. Endometriosis

Endometriosis merupakan penyebab pokok rasa sakit yang terjadi di perut saat sedang haid. Kondisi seperti ini terjadi saat endometrium tumbuh keluar dari uterus. Dampaknya adalah rasa sakit akut yang susah dihilangkan. Sebaiknya perlu dikonsultasikan ke dokter karena dikhawatirkan dapat menimbulkan penyakit yang lebih serius.

  1. Kram perut

Hampir tiap wanita mengalami kram perut pada saat menstruasi atau haid. Kram di bagian perut biasa timbul pada hari pertama atau saat sebelum haid. Biasanya terjadi selama 3 hari dan diakibatkan oleh peluruh pada bagian rahim yang menghambat oksigen ke jaringan otot rahim.

  1. PID

PID merupakan salah satu penyakit yang timbul karena disebabkan oleh penyakit kelamin menular yang tidak diatasi sejak awal. PID terkadang diakibatkan oleh infeksi yang tidak berhubungan dengan hubungan suami istri. Jika tidak diatasi hal ini menjadi bahaya karena berdampak pada wanita yang kesulitan hamil.

  1. Fibroid

Fibroid merupakan tumor jinak yang terjadi di dinding uterus, kerap terjadi pada wanita yang berumur 30 tahun. Fibroid umum dialami wanita yang ditandai dengan keluarnya darah yang cukup banyak, namun sampai sekarang tidak diketahui akibatnya.

Dari beberapa penyebab sakit perut di atas, yang kerap dialami waita saat haid dan umum dirasakan pada hari pertama biasanya terjadi kram perut. Namun, dari penyebab di atas perlu mengetahui juga beberapa dari gejala rasa sakit atau nyeri pada saat haid.

Gejala yang umum terjadi pada saat wanita haid

Salah satu penyebab munculnya haid pada wanita karena terjadi perubahan hormon, sehingga akan ada beberapa gejala yang menyertainya. Wanita yang normal maka akan mengalami menstruasi atau haid pada usia remaja dengan siklus normal 28 hari atau sebulan sekali. Berikut ini ada beberapa gejala yang umum terjadi saat wanita haid, yaitu :

  • Pusing
  • Kelelahan
  • Kembung
  • Depresi
  • Nyeri pada perut bagian bawah
  • Payudara terasa nyeri dan bengkak

Salah satu gejala yang sering dirasakan wanita saat haid seperti nyeri, ini merupakan umum terjadi apalagi saat hari pertama haid. Namun perlu diketahui juga rasa nyeri ketika haid, ada kalanya bisa karena mengalami kelainan saat masa menstruasi. Walaupun tidak semua wanita haid merasakan nyeri.

Biasanya nyeri haid yang umum dapat ditangani sendiri tanpa memerlukan penanganan dari dokter. Seperti dengan berbaring, mengompres perut dengan air hangat yang terasa nyeri akibat haid, dan lain-lain. Rasa nyeri atau kram biasanya terjadi disekitar bagian perut, maka dari itu dengan mengompres perut dengan air hangat biasanya akan meredakan nyeri tersebut.

Sebenarnya rasa sakit yang terjadi pada bagian perut ketika haid karena uterus berkonstraksi untuk membantu meluruhkan lapisan dindingnya pada saat menstruasi. Hormon yang disebut prostaglandin yang berperan dalam rasa sakit dan inflamasi yang memicu otot pada uterus untuk berkonstarksi. Jika sering mengalami rasa sakit pada saat haid, sebaiknya jangan terburu-buru mengambil obat, bisa dengan mencoba beberapa tips mengatasi sakit perut saat haid berikut ini.

Baca juga : obat sakit perut bagian bawah

Tips mengatasi sakit perut saat haid yang tepat

Sakit perut saat haid merupakan gejala yang normal dialami wanita ketika menstruasi. Ini disebabkan karena perubahan hormon dengan gejala-gejala haid yang menyertainya. Berikut ini ada beberapa tips mengatasi rasa sakit perut saat haid yang aman tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan dan ke dokter, yaitu :

  • Mengompres perut

Pada saat haid mengalami sakit perut bisa dengan mengompres perut menggunakan botol berisi air hangat. Panas yang dihasilkan tersebut akan membantu merelaksasi otot uterus yang berkonstraksi sehingga dapat meminimalisir rasa sakit. Bisa juga dengan mandi berendam air hangat untuk merelaksasi seluruh tubuh.

  • Aktivitas fisik

Ketika menstruasi biasanya cendrung lebih ingin bermalas-malasan, sebenarnya melakukan aktivitas fisik dengan berolahraga ringan bisa membantu mengurangi rasa sakit pada perut. Pilihlah jenis olahraga yang tidak terlalu berat seperti aerobik dan jogging ringan. Dengan melakukan aktivitas fisik berolahraga ringan akan melancarkan peredaran darah dan hormon endorfin yang dihasilakan dapat membantu menyeimbangkan kerja hormon prostaglandin sehingga dapat mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman yang dialami ketika haid.

  • Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman ini

Sebaiknya juga selama masa menstruasi untuk menghindari mengkonsumsi makanan dan yang memperparah nyeri haid, seperti makanan berlemak, minuman bersoda, alkohol dan minuman berkafein tinggi. Karena makanan dan minuman tersebut akan menyebabkan kembung dan resistansi air dalam tubuh sehingga memperparah nyeri haid.

  • Minum teh

Minumlah teh chamomile ketika haid dan mengalami nyeri atau sakit, karena aroma teh chamomile dapat memberikan ketenangan dan ada kandungan tertentu didalamnya yang dapat mengurangi rasa sakit.

  • Minum jamu

Jamu kunyit asam sudah dipercaya dan digunakan sejak dulu untuk mengurangi nyeri haid, jadi bisa dicoba meminum jamu kunyit asam ketika menstruasi dan mengalami nyeri perut. Jamu atau obat sakit perut yang alami ini selain mengatasi nyeri saat haid juga bermanfaat untuk tubuh kita.

Itulah tips mengatasi sakit perut saat haid yang bisa dilakukan bagi para kaum wanita yang mengalami nyeri selama masa haid. Selain itu juga bisa dengan mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin E, vitamin B6 dan B1, serta magnesium dan juga asupan vitamin D yang dapat mengurangi nyeri haid.

Semoga tips di atas bermanfaat dan selamat mencoba untuk Anda para kaum wanita yang mengalami nyeri saat masa haid. Jangan lupa untuk mengenali gejala dan penyebab nyeri haid jika mengalami nyeri haid yang tidak biasanya. Segeralah pergi ke dokter untuk memeriksakannya karena bisa jadi berdampak akibat penyakit lain yang bersifat serius.

Tips Mengobati Sakit Perut Saat Haid yang Tepat | admin | 4.5