Tips Menjaga Mulut Tetap Segar dan Tidak Bau pada Saat Puasa

By On Tuesday, March 28th, 2017 Categories : Tips

Tips menjaga mulut tetap segar dan tidak bau ketika menjalankan ibadah puasa dapat dilakuakan pada saat sehabis buka puasa dan makan sahur. Ada beberapa tips dengan cara yang mudah dilakukan, bisa dengan menggunakan obat kumur ataupun bahan alami.

Berpuasa merupakan ibadah bagi umat muslim, baik puasa wajib maupun sunah. Ketika sedang berpuasa tentunya tidak hanya masalah menahan haus dan lapar saja, masalah bau mulut juga sering terjadi dan dirasakan oleh orang yang sedang berpuasa. Pastinya jika mengalami bau mulut akan merasa tidak nyaman dan terganggu, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Bau mulut saat berpuasa sendiri terjadi akibat kondisi mulut yang kering karena menahan haus dan lapar selama berpuasa. Sebenarnya orang yang sedang menjalankan ibadah puasa mengalami masalah bau mulut wajar-wajar saja, namun bagi sebagian orang merasa tidak nyaman. Maka dari itu, tips mengatasi bau mulut saat puasa perlu dilakukan, yaitu dapat dilakukan pada saat sehabis buka puasa dan makan sahur. Jadi, pada saat masuk waktu berpuasa bau mulut tidak akan terjadi.

tips menjaga mulut tetap segar

tips menjaga mulut tetap segar dan tidak bau pada saat puasa

Akibat bau mulut saat puasa

Ketika sedang menjalankan ibadah puasa, masalah bau mulut tentu akan dirasakan oleh orang yang sedang berpuasa. Untuk itu, perlu mengetahui akibat bau mulut saat puasa agar tahu bagaimana cara mengatasinya. Berikut ini ada beberapa hal yang mengakibatkan masalah bau mulut saat puasa, yaitu :

  1. Kurang menjaga kebersihan mulut

Salah satu faktor yang mengakibatkan terjadinya bau mulut yaitu kurangnya menjaga kebersihan mulut. Pada saat berpuasa, jika tidak menjaga kebersihan kondisi dalam mulut, maka ketika masuk waktu menjalankan ibadah puasa mulut akan timbul bau.

  1. Malas menggosok gigi pada saat buka puasa dan sehabis makan sahur

Seperti faktor penyebab bau mulut di atas, kurang menjaga kebersihan mulut akan berakibat bau mulut pada saat puasa. Apabila malas menjaga kebersihan kondisi dalam mulut seperti malas menggosok gigi pada saat sehabis makan buka puasa dan sahur, maka bau mulut akan timbul.

  1. Mengkonsumsi makanan penyebab bau mulut

Pada saat makan sahur jika mengkonsumsi makanan penyebab bau mulut, tentunya pada saat puasa bau mulut akan terjadi. Biasanya makanan seperti yang mengandung bumbu rempah, jengkol, pete dan jenis makanan penyebab bau mulut lainnya.

  1. Kurang mengkonsumsi air

Apabila pada saat sehabis makan sahur kurang mengkonsumsi air, maka pada saat puasa akan cepat kekurangan cairan, dan ini mengakibatkan bau mulut. Karena kekurangan cairan akan menjadikan kondisi mulut kering dan bau mulut.

  1. Penyakit

Penyakit juga dapat mengakibatkan masalah bau mulut. Jika seseorang menderita suatu jenis penyakit tertentu, seperti penyakit kronis, penyakit yang tak kunjung sembuh, dan jenis penyakit yang lainnya. Apabila tetap menjalankan ibadah puasa, maka bau mulut pasti akan terjadi.

  1. Melewatkan sahur

Makan sahur sangatlah penting bagi orang yang akan menjalankan ibadah puasa, karena baik bagi perut dan menambah energi tubuh. Tentunya jika melewatkan makan sahur maka bau mulut juga akan terjadi, karena kondisi dalam perut yang kosong dan mulut kering.

Itulah beberapa hal yang dapat mengakibatkan masalah bau mulut saat puasa. Untuk terhindar dari masalah bau mulut, tentunya selalu memperhatikan kondisi kebersihan dalam mulut. Tips untuk menjaga kondisi mulut tetap segar dan tidak bau pada saat puasa bisa dilakukan pada saat sehabis buka puasa dan sahur.

Baca juga : tips menghilangkan bau mulut dengan daun mint

Tips-tips untuk menjaga mulut tetap segar dan tidak bau

Tips untuk menjaga mulut tetap segar dan tidak bau pada saat puasa, bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Tips ini bisa dilakukan pada saat sehabis buka puasa dan makan sahur. Berikut ini tips untuk menjaga mulut tetap segar dan tidak bau saat puasa, yaitu :

  • Menggosok gigi

Menjaga kebersihan kondisi dalam mulut pada saat buka puasa sangat penting. Dengan cara menggosok gigi sehabis buka puasa dan makan sahur, maka sisa-sisa makanan yang terselip pada gigi akan hilang. Sehingga pada saat puasa masalah bau mulut tidak akan terjadi.

  • Berkumur

Berkumur pada saat sehabis makan sahur akan menghilangkan sisa-sisa makanan dalam mulut dan yang terselip pada gigi. Sebaiknya berkumur pada waktu imsak untuk terjaga dari makruhnya berpuasa.

  • Banyak minum air

Dengan sering minum air pada saat sehabis buka puasa sampai sehabis makan sahur akan memulihkan kondisi tubuh sehabis puasa karena kekurangan cairan. Jika cairan dalam tubuh berkurang, maka kondisi dalam mulut akan kering dan bau. Maka dari itu perbanyaklah minum air putih pada saat buka puasa dan sehabis sahur.

  • Bersiwak

Siwak dapat digunakan untuk mengatasi bau mulut. Bukan itu saja, selain dapat membersihkan gigi dan lidah, juga dapat memperkuat gigi. Dengan bersiwak pada saat sehabis sahur dan buka puasa maka masalah bau mulut akan teratasi.

Beberapa tips di atas bisa dilakukan dengan mudah pada saat sehabis buka puasa dan makan sahur. Dengan menjalankan tips-tips diatas senantiasa akan terhindar dari masalah bau mulut saat puasa. Selain itu juga, menjaga kondisi kesehatan juga penting untuk menjalankan ibadah puasa. Dengan kondisi tubuh yang sehat dan mulut yang selalu terjaga kebersihannya, maka berpuasa pun akan terasa nyaman.

Tips Menjaga Mulut Tetap Segar dan Tidak Bau pada Saat Puasa | admin | 4.5