Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami yang Tepat dan Sehat

By On Friday, June 16th, 2017 Categories : Tips

Tips menurunkan berat badan secara alami bisa dilakukan dengan beberapa cara yang tepat, sehingga berat badan tidak mudah naik lagi. Berbagai macam tips dan cara menurunkan berat badan mungkin sudah banyak, namun tidak semuanya tepat.

Menurunkan berat badan atau diet bisa dilakukan dengan cara yang alami yaitu menggunakan buah dan sayuran, juga dibarengi dengan olahraga. Memilih buah dan sayur untuk membantu menurunkan berat badan sebaiknya yang mengandung gizi dan nutrisi juga serat yang tinggi. Selain bergizi dan bernutrisi, serat yang tinggi mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.

Sebenarnya kunci utama dalam menurunkan berat badan atau diet harus dengan niat dan tekad yang kuat, bersunggung-sungguh dalam menjalankannya dan yang lebih penting lagi yaitu harus konsisten. Dengan menggunakan buah dan sayur sebagai menu diet yang bagus dan sehat dalam menurunkan berat badan, maka aman dan kemungkinan berat badan naik lagi sangat kecil, juga tentunya dibarengi dengan berolaraga. Lain halnya dengan mengkonsusmsi obat penurun berat badan, pasti ada efeknya.

tips menurunkan berat badan secara alami

tips menurunkan berat badan secara alami yang tepat dan sehat

Cara diet sehat dan alami yang tepat

Untuk menurunkan berat badan atau diet yang sehat sebaiknya dilakukan dengan cara yang alami, karena tanpa resiko dan efek samping. Namun, bagi sebagian orang tidak ingin melalui proses yang panjang dan lama. Berikut ini ada beberapa cara menurunkan berat badan yang alami dan sehat, yaitu :

  1. Mengatur pikiran

Sebaiknya perlu mengatur pikiran dengan serius untuk membuat keputusan yang sungguh-sungguh, sehingga diet akan sukses. Setelah mendapat keputusan maka lakukanlah dan jangan menunda-nunda.

  1. Pahami tentang kalori

Sebaiknya juga perlu memahami tentang kalori. Kalori merupakan satuan untuk mengukur energi, energi yang diperlukan tubuh untuk bergerak. Jadi, setiap kali bergerak maka akan membakar kalori. Salah satunya yaitu dengan melakukan olahraga ketika diet.

  1. Minum air sebelum makan

Dengan minum air sebelum mengkonsusmsi makanan ternyata dapat memberikan efek kenyang dan pada akhirnya akan tidak banyak mengkonsumsi makanan. Sehingga ketika diet sebaiknya minum air sebelum mengkonsumsi makanan.

  1. Jangan melewatkan sarapan

Banyak orang beranggapan ketika diet agar cepat berat badan turun dengan mengurangi banyak makanan, namun melewatkan sarapan justru akan membuat banyak mengkonsumsi cemilan. Sarapan di pagi hari cukup dengan porsi kecil dengan mengkonsusmsi makanan yang bergizi dan bernutrisi.

  1. Hindari makan malam

Mengkonsumsi makanan pada malam hari apalagi sebelum tidur, justru akan menambah berat badan. Karena mengkonsumsi makanan di malam hari apalagi langsung tidur maka makanan tersebut akan tertimbun dan menjadi lemak dalam tubuh.

  1. Konsumsi buah dan sayur

Untuk mendapatkan gizi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh selama diet, sebaiknya mengkonsumsi buah dan sayur. Selain itu juga, buah dan sayur yang dikonsumsi harus memiliki serat cukup tinggi, karena dengan serat yang tinggi akan membuat perut merasa kenyang lebih lama.

  1. Hindari makanan berikut ini

Ketika diet, sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang memicu timbulnya berat badan bertambah. Seperti menghindari makanan yang banyak mengandung gula, makanan berlemak atau kolesterol tinggi, dan minuman bersoda.

  1. Cukup istirahat

Apabila tubuh kurang istirahat, maka akan memacu untuk lebih napsu makan. Selain itu, kurang istirahat atau kurang tidur juga akan memicu terganggunya sistem metabolisme dalam tubuh, sehingga akan memicu zat-zat yang menumpuk dan menjadi lemak.

  1. Olahraga

Diet tidak hanya memperhatikan asupan makanan saja, untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka perlu dibarengi dengan olahraga. Sehingga resiko berat badan nambah lagi kecil kemungkinannya.

  1. Komitmen

Semua tips dan cara diet yang ada tidak akan berhasil secara maksimal selama tidak memiliki komitmen yang kuat dalam menjalankannya. Harus dengan komitmen yang kuat dan bersungguh-sungguh, juga niat dan tekat yang kuat maka diet akan sukses.

Itulah beberapa cara diet sehat yang alami yang tepat dilakukan untuk menurunkan berat badan. Tidak ada langkah atau proses dalam waktu singkat untuk memperoleh hasil yang diinginkan, seperti diet. Cara yang cepat dan instan pasti memiliki resiko dan efek samping.

Baca juga : tips diet dengan buah apel

Jenis buah dan sayur yang baik untuk diet sehat

Ada beberapa jenis buah dan sayuran yang bagus untuk diet sehat atau membantu menurunkan berat badan. Seperti buah dan sayur yang memiliki kandungan gizi, nutris dan serat cukup tinggi. Buah dan sayur tersebut baik untuk dijadikan menu diet yang sehat. Berikut ini pilihan jenis buah dan sayur yang baik untuk diet sehat, yaitu :

  • Apel
  • Pear
  • Alpukat
  • Brokoli
  • Bayam
  • Wortel
  • Kacang-kacangan

Jenis buah dan sayur di atas baik dijadikan menu diet sehat untuk menurunkan berat badan. Karena kandungan yang ada didalam buah dan sayur tersebut baik dan dapat membantu menurunkan berat badan. Jenis buah dan sayur tersebut dapat dikonsumsi dalam bentuk olahan apapun, tergantung selera.

Pada dasarnya tips dan cara diet semuanya baik dan benar, tergantung yang menjalaninya. Kembali lagi pada niat dan tekad juga bersunggug-sungguh dalam melakukannya. Konsisten dalam menjalankannya merupakan kunci utama diet sukses. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, juga program diet yang Anda jalani mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan yang diinginkan.

Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami yang Tepat dan Sehat | admin | 4.5