Tips Menurunkan Berat Badan yang Sehat dengan Mengurangi Beberapa Asupan

By On Sunday, June 18th, 2017 Categories : Tips

Tips menurunkan berat badan yang sehat bisa dengan melakukan mengurangi beberapa asupan makanan. Ada beberapa asupan makanan yang dapat menambah berat badan, jadi asupan makanan tersebut memang perlu dikurangi bahkan jangan dikonsumsi.

Menurunkan berat badan atau diet dengan hasil maksimal memang banyak orang yang menginginkannya, terutama bagi para kaum wanita. Sejatinya banyak tips diet sehat dengan cara yang baik dan benar, namun untuk menjalankannya memang membutuhkan proses. Maka dari itu, banyak yang gagal dalam melakukannya karena kurang konsisten.

Kunci utama menurunkan berat badan atau diet sebenarnya sederhana, yaitu dengan niat dan tekad yang kuat, sungguh-sungguh dalam menjalankannya dan juga konsisten. Namun, ada juga yang perlu dilakukan dalam mengkonsumsi makanan, yaitu mengurangi beberapa asupan makanan yang dapat memicu bertambahnya berat badan. Asupan makanan seperti yang banyak mengandung gula, minyak, makanan berkarbohidrat tinggi, makanan rendah gizi, dan produk susu.

tips menurunkan berat badan yang sehat

tips menurunkan berat badan yang sehat dengan mengurangi beberapa asupan

Tips menurunkan berat badan yang sehat dan alami

Dalam menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan, sebaiknya dengan menggunakan cara yang alami. Cara alami tentunya aman tanpa adanya efek samping dan berat badan tidak gampang naik lagi. Berikut ini tips untuk menurunkan berat badan yang sehat dan alami yang bisa dilakukan, yaitu :

  1. Makan dengan porsi kecil

Untuk mengurangi asupan kalori yang masuk dalam tubuh, sebaiknya selama program diet mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil. Makan dengan porsi kecil akan membantu dalam menurunkan berat badan.

  1. Jangan lewatkan sarapan

Banyak yang beranggapan untuk menurunkan berat badan dengan mengurangi banyak makan, namun melewatkan sarapan justru akan membuat lebih banyak mengkonsumsi cemilan. Sarapan dengan porsi kecil baik dalam membantu menurunkan berat badan, bisa dengan menambah buah-buahan.

  1. Minum air sebelum makan

Sebelum mengkonsumsi makanan, minum air secukupnya ternyata dapat memberikan efek kenyang. Pada akhirnya merasa tidak ingin banyak mengkonsumsi banyak makanan. Jadi, minumlah air sebelum mengkonsumsi makanan dan makan dengan porsi kecil.

  1. Hindari makan malam

Sebaiknya menjelang tidur di malam hari untuk tidak mengkonsumsi makanan. Karena mengkonsumsi makanan sebelum tidur akan membuat makanan tersebut tertimbun dan menjadi lemak dalam tubuh.

  1. Mengkonsumsi buah-buahan

Selama diet bisa mengganti menu makan dengan mengkonsumsi buah yang mengandung serat cukup tinggi. Kandungan serat yang tinggi dalam buah akan membuat perut merasa kenyang lebih lama.

  1. Mengkonsumsi sayuran

Jenis sayuran yang bagus untuk diet sehat yaitu sayuran hijau dengan kandungan serat yang tinggi, seperti halnya buah. Sayuran bisa dijadikan menu tambahan dalam mengkonsumsi makanan, ini akan membantu perut merasa kenyang lebih lama.

  1. Cukup istirahat

Jika selama program diet terlalu memaksakan dalam menjalankannya dan kurang istirahat atau tidur, justru akan memicu untuk lebih napsu makan. Kurang istirahat atau tidur juga akan memicu terganggunya sistem metabolisme tubuh dan akan memicu zat-zat yang menumpuk dan menjadi lemak dalam tubuh.

  1. Olahraga

Diet juga tidak hanya mengatur pola makan dan menghindari beberapa jenis makanan saja, namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan berat badan tidak mudah naik lagi harus dibarengi dengan olahraga.

  1. Komitmen

Semua tips dan cara diet untuk menurunkan berat badan tidak akan berhasil selama tidak memiliki komitmen untuk kurus. Yaitu dengan niat dan tekad yang sungguh-sungguh dalam melakukannya.

Tips dengan cara sehat yang alami di atas dalam menurunkan berat badan bisa menjadi solusi dalam program diet yang Anda lakukan. Intinya niat dan tekad juga komitmen yang kuat dalam menjalankan secara sungguh-sungguh, sehingga hasilnya akan maksimal. Selain itu, hargai sebuah proses karena tidak ada satu pun tujuan yang tidak melalui proses. Jika ada cara instan pasti memiliki resiko didalamnya.

Baca juga : tips menurunkan berat badan secara alami

Asupan makanan yang perlu dihindari dalam diet

Selama program diet untuk menurunkan berat badan agar mendapatkan hasil yang maksimal, tidak harus dengan mengatur dan memilih jenis makanan yang sehat saja. Beberapa asupan makan berikut ini juga perlu dihindari, diantaranya yaitu :

  • Makanan berkarbohidrat tinggi
  • Makanan yang mengandung gula
  • Makanan yang mengandung minyak
  • Makanan rendah gizi dan serat
  • Minuman bersoda dan susu
  • Makanan instan atau cepat saji

Beberapa asupan makanan tersebut memang dapat memicu berat badan naik lebih cepat. Untuk itu, sebaiknya tahan dan hindari dulu selama program diet Anda. Jika perlu jangan dikonsumsi setelah program diet selesai. Ganti menu makanan dengan makanan sehat dan bergizi.

Namun, ada beberapa faktor resiko pemicu berat badan naik atau mengalami kegemukan (obesitas) yang lain. Seperti faktor keturunan, faktor metabolisme tubuh, dan pola makan yang buruk. Beberapa faktor tersebut sulit untuk dihindari, bahkan dengan melakukan diet yang ekstra.

Semoga tips menurunkan berat badan yang sehat bisa memberikan solusi bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan. Selamat mencoba dan sukses, semoga program diet yang Anda jalani juga mendapatkan hasil yang maksimal sesuai yang Anda inginkan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang tips diet bagi Anda yang membacanya.

Tips Menurunkan Berat Badan yang Sehat dengan Mengurangi Beberapa Asupan | admin | 4.5