Tips Sehat Mencegah Bau Mulut Saat Puasa dengan Cara Alami

By On Monday, June 12th, 2017 Categories : Tips

Tips sehat mencegah bau mulut saat puasa caranya mudah dilakukan, bisa dengan menggunakan cara alami. Namun, selama berpuasa sebaiknya dilakukan setelah buka puasa dan pada malam harinya. Bisa juga sebelum atau sesudah makan sahur sebelum masuk waktu imsak.

Bau mulut saat puas sebenarnya umum dan semua orang yang sedang puasa pasti mengalami masalah bau mulut. Namun, ada sebagian orang yang terganggu dengan bau mulut orang yang sedang puasa. Biasanya terjadi ketika sedang kumpul-kumpul dan mengobrol, pasti ada yang merasa terganggu. Akibat bau mulut saat puasa tersebut juga akan berdampak pada orang yang sedang berpuasa.

Maka dari itu, perlu adanya langkah pencegahan supaya bau mulut saat puasa bisa dikurangi. Caranya bisa dilakukan ketika sudah buka puasa dan sebelum atau sesudah makan sahur. Biasanya ada obat kumur untuk mengatasi masalah bau mulut, namun cara alami bisa dilakukan dengan beberapa langkah yang mudah. Seperti selalu menjaga kebersihan kondisi dalam mulut dengan selalu menggosok gigi sesudah makan sahur dan buka puasa.

tips sehat mencegah bau mulut saat puasa

tips sehat mencegah bau mulut saat puasa dengan cara alami

Tips mencegah bau mulut saat puasa yang sehat dan alami

Bau mulut saat puasa sebenarnya wajar dan umum terjadi bagi mereka yang sedang berpuasa. Namun, bau mulut yang ditimbulkan oleh orang yang sedang puasa bagi sebagian orang merasa terganggu. Berikut ini ada tips mencegah bau mulut saat puasa, yaitu :

  1. Menggosok gigi

Menjaga kebersihan dalam mulut sangat berpengaruh terhadap masalah bau mulut. Dengan menggosok gigi sehabis makan sahur maka akan mencegah timbulnya masalah bau mulut saat puasa. Ketika buka puasa juga sebaiknya menggosok gigi lagi setelah makan. Karena salah satu penyebab bau mulut merupakan kondisi dalam mulut yang kurang bersih, seperti gigi. Sisa makanan yang menempel atau menyelip pada gigi akan menjadi berkembangnya bakteri dalam mulut yang kemudian menyebabkan bau mulut.

  1. Berkumur

Seperti menggosok gigi, dengan berkumur juga akan membantu membersihkan kondisi dalam mulut. Berkumur sehabis makan sahur akan menghilangkan sisa makanan yang terselip pada gigi.

  1. Banyak minum air putih

Ketika puasa kondisi tubuh akan kekurangan cairan pada siang harinya, jika demikian maka mulut juga akan menimbulkan bau. Sehingga perbanyaklah minum air putih sehabis makan sahur untuk menjaga cairan tubuh tetap seimbang selama puasa.

  1. Mengkonsumsi buah

Buah yang kaya akan vitamin dapat memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh, sehingga akan mencegah timbulnya masalah bau mulut. Konsumsi juga buah yang mengandung kadar air cukup tinggi untuk memenuhi kadar cairan dalam tubuh selama puasa. Mengkonsumsi buah setelah makan sahur atau sebagai pencuci mulut bisa mencegah timbulnya bau mulut saat puasa.

  1. Teh hijau

Kandungan zat aktif dalam teh hijau mampu membunuh bakteri dalam mulut yang menyebabkan bau mulut. Mengkonsumsi teh hijau sebelum tidur dan sehabis makan sahur bisa mencegah bau mulut dan membuat nafas segar, bisa juga dengan mencampurkan daun mint.

  1. Susu kental manis

Kalsium yang tinggi dalam susu kental manis selain baik untuk tulang, ternyata juga dapat mengatasi bau mulut. Susu kental manis bisa diseduh dan diminum sebelum tidur dan sehabis makan sahur selama puasa.

  1. Bersiwak

Dalam Islam, bersiwak hukumnya sunah dan jika dilakukan mendapat pahala. Selain mendapat pahala, bersiwak juga dapat membersihkan gigi dan lidah. Sehingga masalah bau mulut selama puasa bisa dicegah dengan bersiwak. Yang lebih menarik lagi, dengan bersiwak gigi akan sehat dan kuat. Bersiwak bisa dilakukan kapan saja ketika sedang berpuasa, karena bersiwak tidak membatalkan puasa. Jadai, itulah manfaat siwak untuk menghilangkan bau mulut, selain bau mulut dapat diatasi juga mendapatkan pahala dari bersiwak.

Itulah beberapa tips mencegah bau mulut saat puasa dengan cara alami yang bisa dilakukan. Dengan melakukan salah satu cara di atas, senantiasa masalah bau mulut selama puasa dapat dicegah. Namun, ada masalah bau mulut yang tidak mudah dicegah dan diatasi, yaitu bau mulut yang disebabkan oleh jenis penyakit yang bersifat berat dan serius.

Baca juga : tips berpuasa agar nafas selalu segar

Penyebab bau mulut

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan timbulnya masalah bau mulut. Umumnya bau mulut terjadi karena penumpukan bakteri pada organ dalam mulut seperti pada gigi, gusi dan lidah. Berikut ini ada beberapa penyebab bau mulut yang perlu diketahui, yaitu :

  • Bakteri
  • penyakit
  • Makanan atau minuman
  • Kurang cairan dalam tubuh
  • Kurang merawat kebersihan mulut
  • Obat-obatan tertentu

Selain disebabkan oleh beberapa faktor di atas, bau mulut juga dapat timbul karena kebisaan buruk seperti merokok. Dengan mengetahui beberapa penyebab bau mulut, senantiasa dapat mengatasinya. Sebaiknya untuk bau mulut karena jenis penyakit tertentu harus melalu penanganan dokter.

Jika selalu menjaga kondisi kebersihan dalam mulut minimal dengan rajin dan rutin menggosok gigi dua kali sehari, maka masalah bau mulut tidak akan muncul. Begitu juga selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, sehabis makan sahur dan buka puasa harus menggosok gigi. Semoga tips sehat mencegah bau mulut saat puasa bermanfaat dan berguna untuk Anda yang membacanya.

Tips Sehat Mencegah Bau Mulut Saat Puasa dengan Cara Alami | admin | 4.5