Tips Sehat Mengatasi Sakit Perut dengan Cara Alami

By On Thursday, June 15th, 2017 Categories : Tips

Tips sehat mengatasi sakit perut tentunya dengan cara yang sehat, yaitu menggunakan bahan alami. Karena dengan menggunakan bahan alami tidak menimbulkan efek samping dan juga efektif. Bahan alami tersebut dapat menggunakan buah-buahan, sayuran maupun tanaman obat.

Biasanya masalah sakit perut umum terjadi dan setiap orang pasti pernah mengalaminya, dengan kondisi dimana perut merasa mulas, kram, sakit dan gejala-gejala sakit perut yang lainnya. Gejala tersebut muncul ketika mengalami sakit perut dengan penyebab yang berbeda-beda. Bisa disebabkan oleh makanan, minuman, bakteri, bahkan penyakit.

Untuk mengatasi masalah sakit perut tersebut bisa dengan menggunakan bahan alami. Tips sehat dengan menggunakan bahan alami tentunya aman dan efektif. selain itu, obat sakit perut yang alami pastinya tanpa efek samping, sehingga aman digunakan. Setelah mengetahui dari penyebab sakit perut, langkah yang tepat pastinya untuk segera mengatasinya atau mengobatinya. Namun, sakit perut yang disebabkan oleh penyakit harus mengobati penyakit tersebut terlebih dahulu.

tips sehat mengatasi sakit perut

tips sehat mengatasi sakit perut dengan cara alami

Cara sehat mengatasi sakit perut dengan bahan alami

Jika mengalami sakit perut, maka ketahui dulu penyebabnya, setelah itu bisa segera melakukan pengobatan. Berikut ini ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah sakit perut, yaitu :

  1. Air kelapa

Air kelapa banyak sekali manfaatnya, yang dikenal yaitu untuk membantu mengatasi atau mengeluarkan racun dalam tubuh. Manfaat air kelapa untuk kesehatan juga begitu banyak, termasuk juga dapat digunakan untuk pengobatan. Salah satunya untuk mengatasi masalah sakit perut. Itu semua karena air kelapa memiliki kandungan zat dan enzim yang bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan. Minumlah air kelapa ketika mengalami sakit perut, maka perut akan merasa tenang dan tubuh juga akan terasa segar.

  1. Jambu biji

Jambu biji bukan saja dikenal sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah diare, namun dapat juga digunakan untuk mengatasi masalah sakit perut. Ini karena jambu biji memiliki kandungan yang dapat mengatasi sakit perut, terutama sakit perut yang disebabkan oleh diare. Kandungan dalam jambu biji mampu meningkatkan penyerapan air pada bagian usus, sehingga sakit perut yang disebabkan oleh diare akan cepat diatasi. Konsumsilah jambu biji baik secara langsung maupun dibuat dalam bentuk jus untuk mengatasi sakit perut. Konsumsi setiap hari minimal satu kali.

  1. Wortel

Wortel merupakan salah satu jenis sayuran yang kaya akan vitamin A dan dikenal untuk kesehatan mata. Akan tetapi wortel juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah sakit perut. Kandungan kalium yang tinggi dalam wortel dapat melancarkan sistem pencernaan. Wortel digunakan untuk mengatasi sakit perut dengan mengkonsumsinya dengan dibuat jus, bisa juga dengan menambahkan daun mint ke dalam jus wortel. Kandungan mineral alami pada wortel dan daun mint dapat mengurangi nyeri sakit perut akibat peradangan lambung.

  1. Kencur

Tanaman obat yang satu ini memang banyak manfaatnya, baik untuk kesehatan maupun pengobatan. Salah satunya bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi masalah sakit perut. Untuk mengobati sakit perut dengan menggunakan kencur bisa dilakukan dengan cara dibuat dalam olahan minuman beras kencur. Konsumsilah beras kencur ketika mengalami sakit perut minimal satu kali sehari. Dengan mengkonsumsi beras kencur maka perut akan terasa nyaman dan masalah sakit perut akan dapat diatasi.

  1. Yogurt

Minuman probiotik yang satu ini sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan, melancarkan buang air besar dan meningkatkan imun tubuh. Masalah sakit perut dapat diatasi dengan mengkonsumsi yogurt 4-5 sendok makan sebelum sarapan maupun sebelum tidur. Dengan mengkonsumsi yogurt maka masalah sakit perut yang disebabkan oleh faktor apapun akan bisa diatasi, kecuali yang disebabkan oleh jenis penyakit yang sifatnya berat atau serius.

  1. Pepaya

Buah yang dikenal sebagai salah satu jenis buah yang sangat baik untuk mengatasi masalah sistem pencernaan karena kandungan seratnya yang tinggi, dapat digunakan sebagai bahan obat alami untuk mengatasi masalah sakit perut. Konsumsilah buah pepeya ketika mengalami sakit perut. Namun, sakit perut akibat kembung sebaiknya jangan mengkonsumsi buah pepaya, bukannya sembuh justru perut akan bertambah kembung bahkan bisa semakin parah.

  1. Pisang

Kandungan potasium yang tinggi didalam buah pisang sangat baik untuk memelihara sistem pencernaan, kandungan kalium dan elektrolitnya juga dapat mencegah dehidrasi bahkan mampu membuang racun berbahaya dari dalam tubuh. Jadi, mengkonsumsi buah pisang dapat mengatasi masalah sakit perut, karena buah pisang memiliki tekstur yang lembut sehingga perut akan merasa nyaman setelah mengkonsumsi buah pisang. Semua jenis pisang bisa digunakan untuk dikonsumsi guna mengatasi masalah sakit perut.

Baca juga : tips mencegah sakit perut secara mendadak

Itulah beberapa bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah sakit perut. Tips sehat mengatasi masalah sakit perut dengan menggunakan bahan alami seperti di atas sangat efektif dan aman. Namun, jika mengalami sakit perut yang disebabkan suatu jenis penyakit yang bersifat berat dan serius, sebaiknya untuk menghubungi dokter.

Semoga dengan tips sehat mengatasi masalah sakit perut menggunakan bahan alami dapat membantu dan memberikan manfaat. Selain menggunakan bahan alami dengan tips dan cara di atas, sebaiknya juga untuk menghindari jenis makanan maupun minuman yang dapat memicu resiko terserang masalah sakit perut. Menjaga kondisi kesehatan tubuh juga sangat penting dengan rutin berolahraga dan juga mengatur pola makan.

Tips Sehat Mengatasi Sakit Perut dengan Cara Alami | admin | 4.5