Apa Itu Tukak Lambung? Gejala, Penyebab dan Pengobatannnya yang Perlu Diketahui

By On Thursday, October 13th, 2016 Categories : Penyakit

Tukak lambung merupakan penyakit yang terdapat pada dinding lambung. Luka yang muncul pada dinding lambung yang diakibatkan terkikisnya lapisan dinding pada lambung. Biasanya luka ini juga akan muncul pada dinding bagian usus kecil dan kerongkongan.

Penyakit tukang lambung ini bisa menyerang semua orang dengan segala umur. Namun yang sangat beresiko umumnya orang yang berusia diatas 60 tahun. Tukak lambung memiliki gajala seperti nyeri dan perih pada bagian perut. Rasa sakit ini dikarenakan adanya iritasi akibat asam lambung yang membasahi luka. Selain nyeri dan perih pada perut juga ulu hati akan terasa nyeri.

Penyebab tukak lambung umumnya dikarenakan infeksi yang disebabkan bakteri. Meningkatnya kadar asam lambung dan penipisan selaput pelindung lambung dapat berpotensi memicu munculnya tukak lambung. Selain disebebkan oleh infeksi bakteri, penyebab lain seperti kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol juga sangat berpengaruh terhadap munculnya tukak lambung. Pelindung dinding akan menipis dan kadar asam lambung meningkat jika mengkonsumsi alkohol.

tukak lambung

apa itu tukak lambung? gejala, penyebab dan pengobatannya yang perlu diketahui

Gejala tukak lambung

Pada umumnya tukak lambung merupakan penyakit yang menyerang lambung. Jadi gejala-gejala tukak lambung juga berhubungan dengan masalah lambung. Gejala yang umum dirasakan yaitu rasa sakit pada bagian perut, perut terasa nyeri dan perih. Gejala lain tukak lambung yaitu sebagai berikut :

  1. Mual dan muntah
  2. Rasa nyeri pada ulu hati
  3. Rasa nyeri terjadi pada malam hari
  4. Saat perut kosong, rasa nyeri akan terasa semakin amat nyeri
  5. Rasa nyeri biasanya akan hilang dengan sendirinya, tetapi akan muncul lagi jika telat makan
  6. Nafsu makan dan berat badan menurun

Gejala tukak lambung tersebut akan muncul ketika lambung sudah terdapat luka dan akan berakibat pada penyakit tukak lambung, bahkan bisa jadi terkena penyakit lain yang lebih parah yang berhubungan dengan lambung. Tukak lambung bisanya tidak menyebabkan gejala apapun yang akhirnya terjadi komplikasi.

Maka dari itu, sebaiknya waspada dan pergi ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan, terutama jika mengalami muntah darah, tinja yang disertai dengan darah atau berwarna hitam, serta sakit perut yang sangat amat secara tiba-tiba dan terus bertambah parah. Gejala tersebut menunjukan terjadinya pendarahan pada lambung.

Penyebab tukak lambung

Selain gejala-gejala yang ditimbulkan dari tukak lambung, tentunya penting mengetahui penyebab dari tukak lambung tersebut, karena tidak ada penyakit yang tidak memiliki penyebab. Penyebab tukak lambung tersebut yaitu sebagai berikut :

  • Infeksi bakteri, yaitu bakteri Helicobacter pylori
  • Penggunaan obat anti inflamasi non-steroid dalam jangka panjang
  • Kebiasaan buruk seperti meroko dan mengkonsumsi alkohol
  • Mengkonsumsi makanan yang meningkatkan asam lambung, seperti makanan pedas asam dan minuman yang mengandung kafein

Tukak lambung tidak terjadi begitu saja, penyebab-penyebab di atas memicu adanya gangguan pada lambung. Sehingga lambung akan bermasalah dan terjangkit penyakit, seperti tukak lambung dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan lambung.

Baca juga : kanker lambung

Pengobatan tukak lambung

Setelah mengetahui gejala dan positif terkena tukak lambung yang disebabkan karena hal-hal yang menyebabkan tukak lambung, maka sebaiknya melakukan pengobatan. Ada beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengobati tukak lambung, mulai dari obat kimia dan juga obat herbal. Berikut ini ada beberapa obat tukak lambung yang dapat digunakan untuk mengatasi tukak lambung, yaitu :

  • Antibiotik

Tukak lambung yang disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori akan ditangani dengan kombinasi dari beberapa antibiotik. Amoxicillin, metronidazole dan clarithromycin adalah contoh antibiotik yang biasanya diresepkan oleh dokter.

  • Penghambat pompa proton

Jika mengidap tukak lambung yang disebabkan oleh obat anti inflamasi non-steroid, dokter akan menyarankan penggunaan penghambat pompa proton. Obat ini akan mengurangi kadar asam lambung dengan menghalangi kinerja sel-sel yang memproduksi asam lambung. Lansoprazole adalah jenis penghambat pompa proton yang sering digunakan.

  • Obat penghambat reseptor H2

Fungsi obat ini sama dengan penghambat pompa proton, yaitu menurunkan kadar asam lambung.

  • Antasida dan alginat

Antasida akan menetralisasi asam lambung untuk waktu singkat, sedangkan alginat akan melindungi dinding lambung. Karena itu, kedua obat ini diberikan untuk mengurangi rasa nyeri secara cepat sebelum obat-obatan lainnya mulai bekerja. Tetapi jika menggunakan penghambat pompa proton atau ranitidin, sebaiknya menunggu 1-2 jam sebelum mengonsumsi antasida dan alginat.

Selain pengobatan tukak lambung seperti di atas, bisa juga mengobati tukak lambung dengan menggunakan bahan yang alami. Pengobatan herbal dengan menggunakan bahan alami bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan sebagai berikut :

  • Kunyit dengan madu murni

Kunyit yang diparut lalu direbus kemudian air rebusan kunyit tersebut diminum dengan menambahkan madu murni.

  • Air daun jambu biji

Daun jambu biji yang direbus kemudian air rebusan daun jambu biji diminum untuk mengobati tukak lambung.

  • Sari buah noni

Buah noni atau sering dikenal dengan buah mengkudu juga merupakan salah satu obat tradisional untuk mengobati tukak lambung. Memanfaatkan sari buahnya dengan cara diblender kemudian diminum air sarinya, bisa ditambahkan madu untuk menambah rasa manis. Antasida yang terkandung dalam buah noni sangat baik untuk membantu menetralkan asam lambung.

Selain mengobati langkah berikutnya juga sangat penting, yaitu melakukan pencegahan. Pencegahan dapat dilakukan dengan cara melakukan pola hidup sehat dan pola makan sehat, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi atau menggunakan obat anti inflamasi non-steroid, menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol.

Apa Itu Tukak Lambung? Gejala, Penyebab dan Pengobatannnya yang Perlu Diketahui | admin | 4.5